Sunday, March 15, 2015

Rahasia Keindahan Pantai Ngurbloat, Pulau Kei.


Sumber : ianmc95.wordpress.com

  Pantai Ngurbloat, adakah yang pernah mendengar nama pantai itu? Di manakah letak pantai tersebut? Dari namanya mungkin bisa ditebak bahwa pantai tersebut terletak di daerah Indonesia bagian timur. Tepatnya, Pantai Ngrubloat terletak di Desa Ngilngof, Kabupaten Maluku Tenggara.
   Pantai Ngurbloat merupakan salah satu obyek wisata pantai andalan Kabupaten Maluku Tenggara yang dikenal karena keindahan pasir putih yang sangat halus. Dalam bahasa Kei (Suku yang mendiami Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual) pantai ini dikenal dengan nama “Ngurbloat” yang artinya pasir panjang. Oleh karena itu, Pantai Ngurbloat juga dikenal dengan sebutan Pantai Pasir Panjang.
   Pantai ini memiliki pasir putih terhalus di dunia yang membentang hingga radius ± 5 km serta dikelilingi oleh pohon kelapa di sisi pantai dengan air laut dan ombak yang membiru tenang di kawasan ini membuatnya menjadi tempat yang tenang dan sangat alami. Pantai ngurbloat merupakan kawasan wisata yang mudah dijangkau dari kawasan penduduk di pulau Kei tersebut.


Sumber : heavenhidden.blogspot.com

   Salah satu keunikan Pantai Ngurbloat atau Pantai Pasir Putih ini adalah pasir putihnya tidak terasa panas meskipun dalam keadaan cuaca yang panas terik. Kelembutan pasir putih di pantai ini hanya dapat ditandingi oleh kelembutan tepung terigu. Ciri khas dari pasir inilah yang membuat pantai Ngurbloat menjadi terkenal hingga ke pelosok nusantara, bahkan negara lain yang ingin menikmati kelembutan dan kehalusan dari pasir putih Pantai Ngurbloat yang terasa nyaman ketika bersentuhan dengan kulit.
   Letak dari Pantai Ngurbloat sendiri cukup aman karena berada di  kedalaman pantai yang landai dengan di kelilingi oleh banyak pulau – pulau kecil sehingga ombak dan arus yang menghantam tidak terlalu besar. Sifat tanah di pulau Kei kecil yang berupa batu karang membuatnya tak dapat ditumbuhi oleh segala tanaman. Hanya tanaman jenis tertentu saja yang dapat tumbuh diatas tanah tropis tersebut. Oleh karena itu janganlah merasa heran jika anda mengunjungi tempat itu, akan jarang sekali menemukan pohon besar dan rimbun.
  Pantai Ngurbloat juga memiliki pemandangan bawah laut yang tak kalah indahnya, dengan ekosistem terumbu karang yang berjarak sekitar 500 meter dari pantai. 


Sumber : stasiunpsdkptual.org

   Dalam rangka mengetahui dan mendokumentasikan kondisi ekosistem terumbu karang yang ada di Pantai Ngurbloat, maka Stasiun Pengawasan SDKP Tual melaksanakan kegiatan Pemantauan Sumber daya kelautan, khususnya ekosistem terumbu karang yang ada di Pantai Ngurbloat. Berdasarkan hasil pemantauan, kondisi terumbu karang di lokasi ini dikategorikan dalam kondisi Sedang, dimana persentase karang hidupnya sebesar 45 % yang didominasi oleh jenis karang bercabang dan karang massif, adapun persentase karang yang telah mati sebesar  3 %,  karang mati yang telah ditumbuhi alga sebesar 10 %, sedangkan persentase patahan karang sebesar 20 %, hal ini mengindikasikan bahwa pada lokasi ini pernah ada kegiatan pengeboman terumbu karang.
   Seperti yang kita ketahui, terumbu karang merupakan kekayaan laut yang sangat dilindungi. Di Indonesia telah banyak terjadi kerusakan terumbu karang yang menyebabkan banyak dampak negatif untuk ekosistem bawah laut yang dilakukan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Jika kita masih mau menikmati keindahan terumbu karang atau makhluk hidup di bawah laut lainnya, kita harus menjaga kelestarian kehidupan makhluk hidup di bawah laut tersebut.

Sumber :
http://stasiunpsdkptual.org/pantai-pasir-panjang-tual-menyimpan-keindahan-bawah-laut/
https://kacalensa.wordpress.com/2011/07/10/melihat-lebih-dekat-keindahan-pantai-ngurbloat-di-pulau-kei/
https://ianmc95.wordpress.com/2013/12/04/pantai-ngurbloat-pantai-pasir-panjang-tual-maluku/

No comments:

Post a Comment